Jumat, 22 Mei 2009

Dijamin, cuma pendapat saya asli


Dijamin Mesir Asli. Wets! langsung saya menginjak rem memperlambat laju mobil, jangan jangan saya salah lihat. Ternyata engga ko. Memang tulisannya begitu : Dijamin Mesir Asli. 


Lewat jalan sekitar Plaza Senayan pasti akan mudah lihat poster film yang satu ini. Ketika Cinta Bertasbih. Begitu judul filmnya. Saya si ga masalah dengan elemen yang lain lain (standar aja seperti film2 pada umumnya). Cuman sama statement "Dijamin mesir asli" ini aja yang membuat saya mikir berkepanjangan. 


Teman saya bilang  "oo itu kan menjawab film Ayat-Ayat Cinta yang shootingnya ga beneran di Mesir tapi di india atau gimana gitu" 


Saya cuma manggut-manggut sambil ngelamun. Lah hubungannya ma filmnya apa ya? yang penting kan pencitraannya bener. Yang penting pemirsa, baca:moviegoers kan nangkepnya oo ini di mesir. Kecuali kalo kita nampilin piramid  buat film "American Gangster".  Kalau kata orang pinter bilang : It's not what you say, but what your audience get.


Kalau gitu kasihan banget dong film "300"nya Zack Snyder, secara semua latar lingkungannya palsu a.k.a pake green screen. Shootingnya juga cuman muter muter dalem studio. Jangan-jangan Jude Law sama Gwyneth Paltrow malu sama film "Sky Captain and The World of Tomorrow" mereka. La wong  ga ada satu bendapun yang asli kecuali manusianya. atau "Jarhead"nya Jake Gyllenhaal juga jadinya ga asik dong ya, untuk sebuah film tentang perang di Iraq, film ini ngambil gambarnya di California ama Mexico. Ga asli banget kan?


Mungkin "dijamin mesir asli ini" emang sudah di survei dan nanti dampaknya signifikan terhadap hasil jualan tiket, saya tidak tahu pasti. Saya cuma merasa sayang kalo nanti ternyata banyak hal dalam film ini yang bagus dan lebih layak ekspos. 


Saya cuma membayangkan, Kalo tim "Ketika Cinta Bertasbih" ini juga membuat film "The Curious Case of Benjamin Button" jangan-jangan nanti ditulis juga" Dijamin Tua Asli". Lama dong bikin filmnya.






Tidak ada komentar: